MATERI KELAS 6 CIRI-CIRI PUBERTAS DAN CARA MENYIKAPINYA

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh Adik-adik.

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga adik-adik sehat dan tetap semangat dalam belajar yah.,

Nah pada kali ini kita akan mempelajari materi tentang ciri-ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan teks non fiksi.

Adik-adik simak dulu video berikut;



Yuk kita simak penjelasan berikut;

Nah adik-adik tahu tidak apa itu masa pubertas?

Masa pubertas adalah proses perubahan atau perkembangan seorang dari segi fisik menjadi dewasa secara seksual. Pubertas yang terjadi pada anak laki-laki dengan anak perempuan berbeda waktunya.

Ciri awal dari remaja perempuan saat mengalami pubertas adalah pertumbuhan payudara. Pertumbuhan payudara ini bahkan bisa saja terjadi tidak secara bersamaan. Sebagai contoh, payudara yang satu terbentuk lebih dahulu dibanding payudara yang lain.

Selain itu, ciri awal lainnya yang dialami anak perempuan saat puber adalah pertumbuhan rambut pada lengan dan kaki.i Tdak hanya itu saja, rambut di area organ seksual dan di ketiak juga mulai tumbuh.

Jika anak sudah mengalami pertumbuhan payudara dan pertumbuhan rambut pada kemaluan dan ketiak, tandanya sebentar lagi akan mencapai puncak pertumbuhannya.




Ciri-ciri lanjutan pubertas anak perempuan

Ciri pubertas yang dialami oleh anak perempuan tidak hanya berhenti pada tanda awalnya saja. Selanjutnya, remaja perempuan akan mengalami beberapa ciri pubertas lainnya, seperti; menarche atau menstruasi pertama



mulai tumbuh jerawat pada wajah,payudara terus tumbuh hingga seperti orang dewasa,rambut di area organ seksual dan ketiak menjadi semakin lebat, munculnya kumis tipis pada beberapa anak perempuan, lebih mudah berkeringatu, mulai mengalami keputihan,tinggi badan meningkat drastis sejak menstruasi, biasanya 5-7.5 cm setiap tahun, berat badan mulai meningkati, pinggul membesar sementara pinggang mengecil, dan tumbuh jerawat di wajah. 




Ciri-ciri Pubertas Anak Laki-laki

Ukuran testis dan penis akan mulai membesar, skrotum akan berubah menjadi lebih gelap, sudah bisa mengalami ejakulasi, mulai, tumbuh rambut di area-area tertentu seperti kaki, lengan, ketiak hingga organ seksual, mengalami mimpi basah, mudah berkeringat, terjadi perubahan suara yang menjadi lebih berat, mulai muncul jerawat di wajah maupun badan, mulai tumbuh rambut di sekitar wajah seperti kumis dan jenggot, mulai terbentuk otot-otot di tubuh, dan tinggi badan mulai bertambah setiap tahun.



Untuk mengurangi pengaruh sikap pada masa pubertas tersebut, remaja perlu mengembangkan sikap-sikap positif. Contohnya sebagai berikut:


1. Perbanyak bergaul dengan teman-teman yang baik. Sikap ini akan menjauhkan seorang remaja dari sikap bosan, ingin menyendiri, tidak mau bekerja sama, dan tidak percaya diri.

2. Bersikap baik kepada orang tua, saudara, teman sebaya, dan teman yang lebih muda. Sikap ini akan menciptakan hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar lingkungan remaja.

3. Melaksanakan ajaran agama dengan baik. Jika dilakukan, maka akan terbiasa berbuat baik dan jauh dari perbuatan yang dilarang agama.


Oke adik-adik sampai disini dulu materinya yah.. Nantikan penjelasan berikutnya..

Terima kasih..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karakteristik Anggota Planet pada Tata Surya dan Teks Fiksi

MATERI TEMA 8 SUBTEMA 4 KELAS 2 (MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA, dan SBDP)