Materi Tematik kelas 6 Tema 9 (Subtema 2 ) Tentang Perubahan Budaya dan perilaku tokoh utama Fiksi

 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh adik-adik hebat. Jumpa kembali pada kali ini . Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Baik kali kita akan membahas tentang perubahan budaya dan perilaku tokoh utama pada fiksi. Agar adik-adik dapat paham materinya dengan. Abik Yook kita simak video berikut ini :

Perubahan budaya 

Pengertian Budaya perubahan budaya 

Pdaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sekelompok orang. Kem1udian diwariskan kepada generasi selanjutnya. Budaya itu terbentuk dari beberapa unsur yang rumit. Diantaranya yaitu adat istiadat, bahasa, karya seni, sistem agama dan politik. Bahasa sama halnya dengan budaya, yakni suatu bagian yang tak terpisahkan dari manusia.

Tak dapat dipungkiri, perkembangan dunia digital telah menyasar ke segala sisi kehidupan. Saat ini, rasanya hampir tidak ada lagi sisi kehidupan manusia yang tidak terpengaruh pada proses digitalisasi. Namun, masih banyak pengguna internet yang hanya mampu menerima informasi tanpa adanya kemampuan memahami dan mengolah informasi tersebut secara baik, sehingga masih banyak masyarakat terpengaruh oleh informasi yang tidak benar. Yang dimana, kekuatan pendidikan karakter sangat mempengaruhi cara berpikir pada masyarakat dalam memanfaatkan segala arus informasi yang diterapkan dalam mempergunakan internet untuk pengembangan budaya nasional. Sehingga pada dasarnya, teknologi digital telah mengubah cara masyarakat di Indonesia dalam berinteraksi dengan sesama, dengan media atau hal lainnya yang berkaitan dengan budaya Indonesia.

Sebagai contoh yang pertama yaitu cara berkomunikasi masyarakat terhadap sesama. Seperti yang kita ketahui, dengan adanya teknologi digital di Indonesia masyarakat yang dulunya berkomunikasi menggunakan surat-menyurat dan mengirim pesan singkat melalui SMS, hingga sekarang ini masyarakat sudah terbiasa berkomunikasi melalui e-mail atau media sosial lainnya tanpa batas ruang dan waktu (seperti whatsaapp, facebook, instagram,dll). Yang kedua yaitu gaya berpakaian yang juga menimbulkan dampak positif yang berpengaruh kepada kebudayaan. Seperti pada zaman modern saat kini, seiring perkembangan zaman dan masuknya arus globalisasi dan modernisasi yang menggema dalam relung-relung masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat kosmopolitan memberikan angin segar terhadap pembaharuan budaya yang ada. Tidak hanya masyarakat kota yang berubah, dimasyarakat pedesaan pun mulai terjadi perubahan budaya. Kesederhanaan budaya pedesaan pun mulai beralih kepada modernitas. Generasi muda lebih memilih bergaya barat atau bergaya kekinian daripada memakai pakaian tradisonal Indonesia. Padahal kekayaan tata busana kita lebih orientatif karena jelas pengorganisasian tata busananya. Kemudian, yang ketiga budaya hiburan masyarakat menerapkan budaya ini melalui seni daerah dan tradisional serta seni nusantara yang bisa dilihat (ditonton) secara langsung. Namun, ketika teknologi digital sudah berkembang di Indonesia, beberapa media seperti di televisi dapat menampilkan siaran seni tradisional tersebut.

Selain itu, juga munculnya pandemi Covid-19 pada Maret 2020 membawa perubahan sosial secara cepat pada hampir semua sendi kehidupan sosial. Mulai dari nilai dan sikap individu, cara menjalani relasi sosial, kepercayaan, dan lainnya yang semuanya membentuk suatu bentuk kehidupan sosial baru. Budaya digital harus bisa dimanfaatkan secara efektif diberbagai bidang seperti pendidikan, politik, sosial dan ekonomi. Budaya digital dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan, memperluas jangkuan, menciptakan inovasi dan kreatifitas, memperluas jaringan dan memperluas bisnis. Yang dimana di waktu itu, pemerintah menghimbau masyarakat Indonesia untuk mengurangi aktifitas di luar rumah dan melakukan segala aktifitas dirumah

(work from home) baik itu bekerja, belajar, dan beribadah. Adapun dampak positif dari Covid-19 adalah adanya perubahan budaya masyarakat yang begitu cepat dalam penggunaan teknologi digital. Seperti dalam bidang pendidikan yang sudah menggunakan Sistem E-learning berupa website yang dapat diakses di mana saja.

Jadi, walaupun kita berkomunikasi menggunakan media digital kita tetap mengembangkan nilai-nilai budaya yang ada, sehingga nilai-nilai budaya tersebut dapat terus terjaga dengan baik. Sekian opini yang dapat saya sampaikan. Terima kasih

Nah adik-adik untuk lebih jelasnya yuk kita simak video berikut:

Naah dari video diatas, maka kita dapat mengetahui bahwa ternyata perubahan budaya sekarang ini banyak sekali. Karna zaman sekarang ini semakin hari semakin mengalami perkembangan yang sangat besar. Okeyy adik. Tentu dengan berubahnya budaya adik-adik hebat tentunya takan memunculkan beberapa budaya yang perlu disikapi dengan bijak. Sehingga adik-adik hebat tentunya dengan pengalaman yang dialami oleh orang lain kalian akan menjadikan sebagai bahan pelajaran.  Sehingga dengan kalian mengenal kisah dan pengalaman baik fiksi maupun tidak fiksi adik-adik hebat tentunya akan lebih mudah untuk menyikapi perubahan budaya sekarang ini. Agar adik-adik dapat paham dengan baik yoook kita simak cerita dibawah ini...

Judul: Menjelajah dunia dalam 10 bulan 

Alkisah, hiduplah Kancil yang ceria di belantara kota Zakct. Kota yang dipenuhi oleh berbagai jenis kehidupan itu berada di negara Namdwanesia. Di tahun 1010, virus viqovv mengguncang dunia. Virus ini mengubah kaum animalia menjadi makhluk berjenis manusia. Lockdown terjadi di penjuru dunia cerita fabel untuk mencegah terjadinya penyebaran virus. Kancil hidup kebosanan karena tidak bisa bertemu tatap muka dengan teman-temannya. Ia yang ceria kini kehilangan gairah hidup. Bagaimana mengembalikan keceriaan ini?Tring! Beruang mengirim pesan brilian, "Bagaimana kalau kita menjelajah dunia?"" Oke, ayo kita lakukan!", sambut Kancil dengan mata berbinar. Ia antusias mempersiapkan diri.  

Beruang dan Kancil adalah sahabat yang tergabung dalam kelompok tari dan perkusi. Beruang menggunakan perkusi yang besar karena ia mempunyai kekuatan di pundaknya sebagai sandaran . Kancil menggunakan perkusi yang kecil karena ia gesit. Pertunjukan yang mereka tampilkan membuat kaum animalia bersorak gempita.

Peradaban teknologi di dunia animalia cukup tinggi. Pesan dapat disampaikan secara 3D. Begitupun dengan penjelajahan dunia. Hanya dengan teknologi ANML, semua dapat terhubung dengan mudahnya.

Beruang dan Kancil melakukan perjalanan pertama mereka ke negara Rgentn. Di sana mereka mendapat sambutan hangat melalui siaran langsung ANML. Segera saja Beruang dan Kancil menghubungi negara-negara yang belum pernah mereka kunjungi. Melalui obrolan virtual yang dapat ditonton oleh semua umat, terungkaplah persamaan di antara berbagai animalia yang selama ini tak mereka sadari. Mereka pikir, hanya diri mereka saja yang mengalaminya. Ternyata, para animalia mengalami peristiwa yang mirip. Di bulan ke 5, persahabatan mereka dengan animalia antar negara makin erat, hingga suatu hari ....

Harimau memantau dari balik teknologi ANML. Di kamarnya, terdapat foto-foto Beruang dan Kancil dikelilingi sorak gempita animalia. Peta perjalanan mereka tampak di dinding 3D.

Sementara itu virus viqovv masih belum terkalahkan dan bahkan bermutasi.

Beruang dan Kancil menyadari bahwa kaum animalia harus bersatu untuk mengatasi virus viqovv. Dengan segera mereka membuka rekrutmen bagi animalia yang gigih berjuang bersama.

Kesempatan ini langsung disambut oleh Harimau. Ia mengajukan diri. Kini bertambahlah ksatria dengan perkusi sedang. Petualangan Beruang, Kancil dan Harimau dimulai.

Di bulan ke 10, Beruang, Kancil, dan Harimau bekerjasama dengan 100 negara siap menghadapi virus viqovv dengan kekuatan mereka bersama.

Nah. Adik-adik hebat bagaimana pembelajaran kali ini? Seru yahh pastinya. Yuuuk kita simak penjelasan berikut ini :

Tokoh dalam sebuah cerita fiksi menempati peran penting dalam membuat cerita menjadi menarik. Tak bisa dimungkiri, keberadaan tokoh dalam cerita fiksi membuat suatu kisah jadi hidup.

Secara umum, pengertian tokoh adalah individu ciptaan pengarang yang mengalami peristiwa-peristiwa dalam cerita. Jadi, keberadaan tokoh dalam sebuah cerita fiksi bisa dibilang tak bisa dipisahkan.

Perlu diketahui, tokoh dalam sebuah cerita fiksi dibedakan menjadi beberapa jenis. Apa saja jenis-jenis tokoh dalam cerita fiksi?

Tokoh utama

Tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peran penting dalam suatu cerita. Tokoh ini merupakan tokoh yang paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.

Bahkan, pada novel-novel tertentu, tokoh utama senantiasa hadir dalam setiap kejadian dan dapat ditemui dalam tiap halaman buku cerita yang bersangkutan.

Tokoh Pembantu

Tokoh pembantu adalah tokoh yang memiliki peran sebagai pelengkap dalam cerita dan kehadiran tokoh ini hanya menunjang tokoh utama. Dalam sebuah cerita, peran yang dilakukan tokoh pembantu biasanya tidak sebanyak tokoh utama.

Tokoh Protagonis

Tokoh protagonis adalah tokoh yang dikagumi pembaca atau tokoh yang perilakunya sesuai kehendak pembaca. Akan tetapi, dalam istilah sastra, tokoh protagonis sama dengan tokoh utama karena memiliki peran utama dalam cerita.

Tokoh Antagonis

Tokoh antagonis adalah tokoh yang menjadi penyebab timbulnya konflik dan ketegangan yang dialami oleh tokoh protagonis. Perilaku yang ditampilkan tokoh antagonis bisa dibilang berlawanan dengan tokoh protagonis.

Tokoh Tritagonis

Tokoh tritagonis merupakan karakter ketiga yang berperan menjadi penengah. Tokoh ini menggambarkan karakter yang bijak dan membawa kedamaian dalam cerita. Tidak jarang, tokoh tritagonis berperan sebagai penyelesai konflik

Tokoh Sederhana

Tokoh sederhana adalah tokoh yang memiliki satu kualitas pribadi tertentu, satu sifat watak yang tertentu saja. Sifat dan tingkah laku seseorang tokoh sederhana bersifat datar dan monoton.

Tokoh Kompleks

Tokoh kompleks adalah tokoh yang memiliki dan mengungkap berbagai kemungkinan sisi kehidupannya, sisi kepribadian, dan jati dirinya

Ia dapat memiliki watak tertentu yang dapat diformulasikan, tetapi ia dapat pula menampilkan watak dan tingkah laku yang bermacam-macam, bahkan mungkin seperti bertentangan dan sulit diduga.

Nahh sekian dulu pertemuan Hari ini semoga dapat bermanfaat yahh..dadadada




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karakteristik Anggota Planet pada Tata Surya dan Teks Fiksi

MATERI TEMA 8 SUBTEMA 4 KELAS 2 (MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA, dan SBDP)